• 02 Mei 2021

Peringati Hari Pendidikan Nasional 2021 KBRI Seoul dan Perpika adakan lomba vlog bertema Aku dan Mimpiku.

Hari Pendidikan Nasional diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Tanggal ini ditetapkan berdasarkan hari kelahiran tokoh Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara yang berasal dari Yogyakarta. Beliau memperkenalkan semboayan yang berbunyi "Ing ngarsa sung tulodho, ing madya mbangun karsa, tut wuri handayani". Masing masing semobayan ini memiliki arti sebagai berikut “Di depan (guru) harus memberi contoh yang baik, di tengah-tengah (muridnya) harus menciptakan ide dan prakarsa, di belakang harus bisa memberi dorongan dan arahan”.



Semboyan itu masih digunakan dalam system Pendidikan Indonesia hingga saat ini. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2021, Perpika, bersama dengan KBRI, mengadakan lomba khususnya untuk para mahasiswa Indonesia yan ada di Korea, yaitu Lomba VLOG: Aku dan Mimpiku. Lomba video blog atau disingkat Vlog ini dilaksanakan secara daring. Pemilihan media secara daring dipilih sebagai upaya untuk tetap meminimalisir penyebaran covid-19. Diharapkan dengan adanya perlombaan ini dapat menambah semangat pelajar yang dimiliki oleh para pemuda Indonesia di Korea.



Para mahasiswa yang sedang kuliah di Korea selatan membuat vlog untuk berbagi kisah mereka dengan tema "Aku dan Mimpiku". Video yang harus dipersipkan berdurasi kurang lebih 3-7 meni. Kemudian, pemenang akan diumumkan setelah dilakukan penilaian oleh Juri.


Bukan hanya mengadakan lomba vlog saja, di era digital ditengah pandemik seperti ini, banyak sekali peluang yang muncul bagi mereka yang ingin membangun bisnis secara digital. Namun untuk bisa bertahan dan bersaing para pelajar dan pelaku usaha harus terus membangun jiwa kemandirian dan entrepreneurshipnya. Oleh karena itu, KBRI Seoul dan Perpika juga mengadakan seminar dengan Tema “Membangun Jiwa Kemandirian & Entrepreneurship di Era Digital”. Kegiatan ini merupakan sharing knowledge mengenai bagaimana pemuda dapat membangun jiwa kemandirian, entrepreneurship, kepemimpinan dan beradaptasi serta menemukan solusi dalam menjalani hidup dari masa ke masa.